Analisis Kebijakan Pengentasan Kemiskinan “Laboratorium Kemiskinan” Kabupaten Pekalongan

  • Kurniani Wismaningsih Universitas Diponegoro
Keywords: Pengentasan Kemiskinan, Laboratorium Kemiskinan, Juknis, kebijakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif kebijakan terhadap pelaksanaan kebijakan pengentasan kemiskinan “Laboratorium Kemiskinan” di Kabupaten Pekalongan. Laboratorium Kemiskinan adalah kebijakan dalam rangka pengentasan kemiskinan yang memiliki ruang lingkup wilayah kabupaten. Kebaruan (novelty) program ini adalah pelibatan semua pihak (Pentahelix). Laboratorium kemiskinan juga dilakukan dengan pendekatan topografi wilayah yang di setiap wilayah topografi tersebut memiliki karakeristik, sebab dan solusi kemiskinan yang berbeda. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dilaksanakan di Kabupaten Pekalongan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam implementasinya, Laboratorium Kemiskinan mengalami beberapa permasalahan, yaitu: 1. Perangkat Daerah terkait belum berperan secara maksimal; 2. Pemerintah Desa Model kurang aktif dan responsif. Alternatif untuk mengatasi permasalahan, yaitu: 1. Membuat Regulasi tentang Pembentukan Tim Pelaksana Laboratorium Kemiskinan; 2. Meningkatkan Koordinasi antar Perangkat Daerah Pelaksana Laboratorium Kemiskinan dan Desa Model; 3. Menyusun Petunjuk Teknis Kebijakan Laboratorium Kemiskinan. Di antara ketiga alternatif tersebut, alternatif yang direkomendasikan adalah menyusun Petunjuk Teknis Laboratorium Kemiskinan.

References

Badan Pusat Statistik 2020. Profil Kemiskinan di Indonesia https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/07/15/1744/persentase-penduduk-miskin-maret-2020-naik-menjadi-9-78-persen.html diakses pada 04 April 2021

Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Bumi Aksara.

Kemal A. Stamboel. 2012. Panggilan Keberpihakan: Strategi Mengakhiri Kemiskinan di Indonesia. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.

Kushandajani. Inovasi Manajemen Pemerintahan Daerah dalam Penanggulangan Kemiskinan di Kota Pekalongan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, Vol 1, No. 1, Maret 2015.

Pattinama, Marcus J. Pengentasan Kemiskinan dengan Kearifan Lokal (Studi Kasus di Pulau Buru-Maluku dan Surade-Jawa Barat). Makara, Sosial Humaniora, Vol. 13, No. 1, Juli 2009: 1-12.

Peraturan Bupati Pekalongan Nomor 97 Tahun 2017 tentang Startegi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Pekalongan

Syafrudin, Ateng. 1976. Pengaturan Koordinasi Pemerintahan di Daerah. Bandung:Penerbit Tarsito

Syafrudin, Ateng. 1976. Pengaturan Koordinasi Pemerintahan di Daerah. Bandung:Penerbit Tarsito

Published
2021-10-20
How to Cite
Wismaningsih, K. (2021). Analisis Kebijakan Pengentasan Kemiskinan “Laboratorium Kemiskinan” Kabupaten Pekalongan. Kajen: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembangunan, 5(02), 79-88. https://doi.org/10.54687/jurnalkajenv5i02.1