Pengaruh Edukasi melalui Leaflet Terhadap Pengetahuan Swamedikasi Antinyeri Rasional di Kecamatan Kedungwuni Pekalongan

  • Karima Yulianti Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Ainun Muthoharoh
  • Wulan Agustin Ningrum
  • Yulian Wahyu Permadi
Keywords: Antinyeri, pengetahuan, leaflet, swamedikasi

Abstract

Nyeri seringkali dirasakan seseorang, nyeri dapat mengganggu aktivitas sehingga harus segera diobati. Penggunaan obat nyeri banyak digunakan bebas oleh masyarakat karena keterbatasan pengetahuan dalam pelaksanaan swamedikasi dapat menyebabkan kesalahan, sehingga diperlukan edukasi supaya pengobatan tersebut rasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi melalui leaflet terhadap pengetahuan penggunaan obat yang rasional untuk swamedikasi. Penelitian ini menggunakan metode prospektif desain quasi experimental tipe one group pretestpostest with control group, dengan pengambilan sampel secara purposive random sampling. Responden penelitian berjumlah 100 dibagi menjadi dua kelompok. Total 50 responden kelompok
kontrol dan 50 responden kelompok eksperimen. Hasil penelitian karakteristik responden di Kecamatan Kedungwuni pada penelitian ini berjenis kelamin laki-laki 38% dan perempuan 62%,responden berusia 18-28 tahun sebesar 35%, pendidikan terakhir responden paling banyak SMA sebesar 21%, pekerjaan yang mendominasi adalah ibu rumah tangga sebesar 30%, penghasilan responden <Rp.1.000.000 dan jarak dari rumah ke apotek paling banyak jarak dekat <1km sebesar 66%. Tingkat pengetahuan masyarakat di Kecamatan Kedungwuni sebelum diberikan edukasi masuk dalam kategori baik sebesar 66% dan tingkat pengetahuan sesudah diberi edukasi masuk dalam kategori baik sebesar 92%. Terdapat pengaruh edukasi melalui leaflet terhadap pengetahuan swamedikasi antinyeri rasional di Kecamatan Kedungwuni dikarenakan pada uji mann-whitney nilai p-value <0,05. Masyarakat diharapkan aktif mencari informasi dalam melakukan swamedikasi agar rasional dan lebih memperhatikan obat yang akan digunakan untuk pengobatan mandiri.

References

Artini, K.S., 2020, Hubungan Tingkat Pengetahuan Pasien Terhadap Perilaku

Swamedikasi Nyeri Yang Rasional Di Apotek Harish Farma Kabupaten Sukoharjo. INPHARNMED Journal (Indonesian Pharmacy and Natural

Medicine Journal), 4(2), 34.

Asnasari, L, 2017, Hubungan Pengetahuan Tentang Swamedikasi dengan Pola Penggunaan Obat Pada Mayarakat Dusun Kenaran, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Skripsi. Fakultas Farmasi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Burhan, T., 2018, Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Swamedikasi Obat Demam pada Anak di Desa Panjunan Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, Skripsi, Fakultas Farmasi, Universitas Setia Budi, Surakarta.

Badan Pusat Statistik. 2020. Kecamatan Kedungwuni Dalam Angka 2020. Pekalongan: BPS Kabupaten

Pekalongan

Garrido, Pilar Carrasco, et.al. 2014. Predictive factors of selfmedicated analgesic use in Spanish adults: a cross-sectional national study.

BMC Pharmacology & Toxicology. 2050-0511/15/3

Hidayati, A., Haafizah, D., & Murtyk D.P. 2017. Tingkat Pengetahuan Penggunaan Obat Bebas dan Bebas Terbatas Untuk Swamedikasi Pada Masyarakat RW 8 Morobangun Jogotirto Berbah Sleman Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manuntung, Vol 03 (02), halaman 139-149.

Nursalam, 2017. Metodologi Penelitian dan Keperawatan Edisi 4. Jakarta: Salemba

Medika

Pratiwi, Puji Ningrum., Liza Pristianty, Gusti Noorrizka Anila Impian. 2014. Pengaruh Pengetahuan Terhadap Perilaku

Swamedikasi Obat Anti Inflamasi NonSteroid Oral pada Etnis Thionghoa di Surabaya. Jurnal Farmasi Komunitas Vol. 1, No. 2, (2014) 36-40.

Suherman, H dan Dina, F. 2018. Pengaruh Faktor Usia, Jenis Kelamin, Dan Pengetahuan Terhadap Swamedikasi

Obat. Viva Medika Edisi Khusus 2

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Vidyarani, Y. D. 2017. Perilaku Masyarakat dalam Melakukan Swamedikasi Untuk Sakit Kepala Di Dusun Krodan, Maguwoharjo. Skripsi.Fakultas Farmasi.

Universitas Setia Budi.

Wardoyo, A. V. Sandi. dan Oktarlina, R.. Zakiah 2019‘Literature Review Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Obat

Analgesik Pada Swamedikasi Untuk Mengatasi Nyeri Akut’, Jurnal Ilmiah

Kesehatan Sandi Husada

Widyani, Maya. Putry, Anggi Rima, dan Febriyanti Rizki. 2020. Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Obat Analgetik Di Kelurahan Pekajangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Jurnal Para Pemikir. Politeknik Harapan Bersama Tegal.

Widiyanto, M.A 2013. Statistika Terapan, Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Zeenot, Stephen. 2013. Pengelolaan dan Penggunaan Obat Wajib Apotek. Yogyakarta: D-Medika.

Published
2021-10-20
How to Cite
Yulianti, K., Muthoharoh, A., Ningrum, W. A., & Wahyu Permadi, Y. (2021). Pengaruh Edukasi melalui Leaflet Terhadap Pengetahuan Swamedikasi Antinyeri Rasional di Kecamatan Kedungwuni Pekalongan. Kajen: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembangunan, 5(02), 112-122. https://doi.org/10.54687/jurnalkajenv5i02.4