Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Sikap Masyarakat Tentang DAGUSIBU Obat Oral di Desa Banyumudal Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang tahun 2020

  • devi herdina puspasari UMPP
  • Wulan Agustin Ningrum
  • Ainun Muthoharoh
Keywords: DAGUSIBU, sikap pengetahuan masyarakat

Abstract

Pengetahuan dan sikap masyarakat dalam penggunaan obat akan menentukan pengelolaan obat secara benar. DAGUSIBU merupakan singkatan dari Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang obat. Dalam masyarakat harus memahami informasi mengenai obat dari mendapatkan, menggunakan, menyimpan sampai membuangnya dengan benar. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2019 tertulis bahwa warga negara berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik demi mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat pengetahuan dengan sikap masyarakat tentang DAGUSIBU obat oral di Desa Banyumudal Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang berdasarkan umur dan tingkat pendidikan. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif. Populasi dari penelitian yaitu semua masyarakat yang berdomisili di Desa Banyumudal Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Sampel yang digunakan berjumlah 99 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat tentang DAGUSIBU obat oral di Desa Banyumudal Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang yang berpengetahuan kurang berjumlah 24 responden, pengetahuan cukup berjumlah 44 responden dan pengetahuan baik sejumlah 31 responden. Tingkat pengetahuan masyarakat Desa Banyumudal memiliki tingkat pengetahuan yang cukup tentang DAGUSIBU obat oral. Sikap masyarakat Desa Banyumudal termasuk dalam kategori positif yaitu dengan nilai korelasi 0,265. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap masyarakat tentang DAGUSIBU obat oral sehingga alangkah baiknya lebih ditingkatkan dengan memperoleh informasi mengenai DAGUSIBU obat oral di Desa Banyumudal.

References

Abdullah Sani, Ridwan. (2018). Penelitian Pendidikan. Medan : Tira Smart.

Agus, Riyanto, (2013). Statistik Deskriptif. Nuha Medika, Yogyakarta.

Aisyah, Ulfah Nur (2015). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Anak Terhadap Perilaku Pemilihan Makanan Jajanan Yang Sehat di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta, Naskah Publikasi, FIK-Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Amelia, Windi (2020). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Penggunaan Obat pada Kalangan Mahasiswa di Jember, Skripsi, Fakultas Farmasi, Universitas Jember.

Aminudin, Mukhammad. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap dengan Perilaku Konsumsi Jajanan Sehat di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang tahun 2016. Skripsi, S1, Universitas Airlangga, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga Surabaya, 2016.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rieka Cipta.

Azwar, S (2011), Sikap Manusia: Teori dan Pengukuran, Jakarta, Pustaka Belajar.Banggo, G G T., Tingkat Pengetahuan Masyarakat tentang DaGuSiBu Obat di Desa Ndetundora III Kabupaten Ende. Karya Tulis Ilmiah, Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Kupang.

Budiarti, A. I. (2016). Pengaruh Interaksi dalam Peer Group terhadap Perilaku Cyberbullying Siswa. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 3(1), 1-15.

Chaerunnisa, Anis Yohana. (2009). Farmasetika Dasar. Widya Padjajaran : Bandung.

Cristina, E. (2014). Hubungan Antara Pengetahuab Dan Sikap Mengenai Obat Tradisional Dan Obat Modern Terhadap Tindakan Pemilihan Obat Pada Pengobatan Mandiri Di Kalangan Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Skripsi, Fakultas Farmasi, Universitas Sanata Dharma.

Depkes R.I., (2008). Profil Kesephatan Indonesia. Jakarta

Elisa, (2017). Sikap dan Faktor yang Berpengaruh, Buku Ajar Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Fithriya, S. (2014). Hubungan Karakteristik Orang Tua Dengan Pengetahuan Dalam Pemberian Antibiotik Pada Anak Di Dusun Sonotengah Kabupaten Malang. Skripsi, Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository.

Fuaddah, A T., (2015). Description of Self-medication Behavior in Community of Subdistrict Purbalingga, District Purbalingga, Jurnal Kesehatan Masyarakat 3: 10

Ghozali, Imam . (2011), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Joru, E. L. M. R. (2019). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Pola Penggunaan Obat Tradisional Untuk Pengobatan Mandiri Di Kalangan Mahasiswa Kampus III. Skripsi. Yogyakarta : Univesitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2000. Keputusan Menteri Kesehatn Republik Indonesia No : 949/Menkes/Per/VI/2000 Tentang Penggolongan Obat. Jakarta.

Lutfiyati, H., Fitriana Yuliatuti, dan P. S. Dianita.. (2017). Pemberdayaan Kader Pkk Dalam Penerapan Dagusibu (Dapatkan , Gunakan , Simpan , Buang) Obat dengan Baik dan Benar.The 6th University Research Colloquium. Universitas Muhammadiyah Magelang (1):9-14.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta, Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT. Rineka. Cipta : Jakarta.

___________. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. PT. Rineka Cipta : Jakarta.

___________. (2014). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi , Edisi revisi 2010, Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, hal 56-60.

PP IAI [Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia]. (2014). Pedoman Pelaksanaan Gerakan Keluarga Sadar Obat (GKSO). Jakarta: PP IAI.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RRD (Cetakan ke-14 Bandung: Alfabeta).

Peraturan Pemerintah. (2014). Pekerjaan Kefarmasian. Jakarta : Peraturan Pemerintah.

Permatasari, Rita . (2017). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Berupa Facebook dan Instagram untuk Meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa Non Kesehatan dan Mahasiswa Kesehatan tentang Dagusibu di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Puspasari (2018), Heny, Siti Harida, and Dwi Fitriyani. "Tingkat Pengetahuan Tentang “DAGUSIBU” Obat Antibiotik Pada Masyarakat Desa Sungai Awan Kiri Kecamatan Muara Pawan Kabupaten Ketapang Tahun 2017." Skripsi:11-18.

[NHS] National Health Service. (2013). Good Practice Guidance for Care Homes –Expiry Dates. England: NHS.

Safriana (2012). “Perilaku Memilih Jajanan pada Siswa Sekolah Dasar di SDN Garot Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar Tahun 2012”. Skripsi S1, Universitas Indonesia, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia Depok,

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan.

Wawan, A & Dewi, M (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia, Nuha Medika, Yogyakarta

Published
2022-01-04
How to Cite
puspasari, devi, Ningrum, W. A., & Muthoharoh, A. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Sikap Masyarakat Tentang DAGUSIBU Obat Oral di Desa Banyumudal Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang tahun 2020. Kajen: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembangunan, 5(02), 133-141. https://doi.org/10.54687/jurnalkajenv5i02.6