PENGEMBANGAN E-HANDOUT KEELEKTROLITAN LARUTAN BERBASIS NUMERASI UPAYA MENGHADAPI AKM SMA

  • Malichatun
Keywords: bahan ajar, keelektrolitan, e-handout, numerasi, AKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-handout Keelektrolitan Larutan Berbasis Numerasi pada materi pembelajaran larutan elektrolit dan nonelektrolit, menguji kelayakan bahan ajar e-handout berbasis numerasi, dan mengetahui tanggapan guru, ahli media dan peserta didik terhadap e-handout yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan kualitatif dan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Kajen Kab Pekalongan yang terdiri dari 26 peserta didik perempuan, 8 peserta didik laki-laki, validator  materi 1 orang guru kimia, 1oranh validator ahli media. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket validasi kelayakan e-handout berbasis numerasi dan angket tanggapan guru kimia, ahli media dan peserta didik terhadap e-handout berbasis numerasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket penilaian kelayakan e-handout dan lembar angket tanggapan guru, ahli media dan peserta didik. Teknik analisis data dihitung dengan menggunakan rumus persentase yang diperoleh dari lembar angket. Hasil persentase tanggapan guru kimia terhadap e-handout berbasis numerasi sebesar 82% dengan kriteria bagus, tanggapan ahli media 83% dengan kriteria bagus dan hasil persentase rata-rata tanggapan peserta didik sebesar 87,7% dengan kirteria sangat bagus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah e-handout berbasis numerasi pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Kata Kunci : Keelektrolitan, e-handout, numerasi, AKM.

 

Abstract

This study aims to develop a Numeration-Based Electrolytic Solution e-handout on electrolyte and non-electrolyte solution learning materials, test the feasibility of numeration-based e-handout teaching materials, and determine the responses of teacher,

media experts and students to the developed e-handout. The type of reseach used is Reseach and Development with a qualitative approach and the development model used is the ADDIE model. The sample in this study were students of class X MIPA1 SMA Negeri 1 Kajen Kab Pekalongan which consisted of 26 female students and 8 male students, 1chemestry teacher material validator and 1 media expertvalidator   materials, and determine the respons. Data collection techniques were obtained questionnaire validating the validaty of e-handout and questionnaire responses of teacher chemistry, media expert and students. The instruments used are questionnaire for evaluating feasibility of e-handout and questionnaire responses of chemistry teacher, media expert and students.The data analysis technique was calculated, the percentage chemistry is 82% with good criteria, 83% media expert with good criteria and the average percentage of student responses is 87,7 % with very good criteria. The conclusion of the Numeration Based Electrolytic Solution e-handout is feasible to be use as teaching material.

 

Keywords: Electrolyte, e-handout, numeration, AKM.

References

Anonim. Hasil survei tentang kualitas Pendidikan di Indonesia dalam 3 Tahun terakhir. diakses pada 18 Agustus 2021 dari https://ayomenulis.id/artikel/ini-dia-hasil-survei-pisa-tentang-kualitas-pendidikan-di-indonesia-dalam-3-tahun-terakhir.

Eka, Damanti Almira., Imam, Happy., & Resti. 2018. Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida. Statis Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 01 (1) (2018) 63-70 retrieved https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. 2019. Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar.https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541. 2019

Hendasari Jenih. 2019 diakses pada 17 Juli 2021 dari https://www.scribd.com/document/403574373/Pengertian-Handout-bentuk-dan-susunannya-docx Jenih.

Imron Syaiful.2014 diakses pada 17 Juli 2021 dari https://ilmu-pendidikan.net/pembelajaran/sumber-belajar/fungsi-dan-tujuan-handout.

Nana.2019.Pengembangan Bahan Ajar, Lakaestra, Klaten

Pramesti Elsie Tiara, Ratu Betta Rudibyani, & Emmawaty Sofia. 2017 Pengembangan LKS Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Problem Solving, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia 6(1),86-100

Prastowo Andi 2018, Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar dan Aplikasinya, Pranada Media, Depok

Putri Riska Susila 2019, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Koloid di SMA Negeri 2 Banda Aceh, https://repository.ar-raniry.ac.id/10021/

Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta,.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2015 Metode Penelitian dan Pengembangan, Alfabeta, Bandung

Wahyuni Sri Dewi Suryana. 2019. Panduan Praktikum SMA/MA Kelas X, Erlangga, Jakarta.

Wardathi Amy Nilam, Anangga Widya Pradipta. 2019 Kelayakan Aspek Materi, Bahasa dan Media Pada Pengembangan Buku Ajar Statistika Untuk Pendidikan Olahraga Di IKIP Budi Utomo Malang Efektor 6(1).

Published
2022-07-25