KEMAMPUAN GURU DALAM PENYUSUNAN BAHAN AJAR MELALUI TEKNIK PENDAMPINGAN KELOMPOK PADA KKG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mempersiapkan bantuan TIK materi pengajaran. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dengan melakukan supervisi kelompok teknik dengan subjek penelitian guru kelas satu ke VI yang tergabung dalam KKG (Guru Kelompok Kerja) regional dibantu I UPT Dindikbud Doro. Teknik validasi data menggunakan Teknik triangulasi, semua data yang masuk dipisahkan dan dianalisis menggunakan komparatif deskriptif. Hasil siklus I keberhasilan kelompok mencapai 68,51%, hasil pengamatan aktivitas guru dalam melakukan kerja kelompok mencapai 79,41% aktif, sedangkan keberhasilan individu mencapai 68,29%. Tindakan siklus pertama dianalisis untuk perbaikan pada siklus II, agar lebih efektif dalam membina guru untuk mengembangkan bahan ajar yang dibantu TIK. Hasil siklus II mengalami peningkatan 25,93% dalam kelompok, aktivitas guru sebesar 13,00%, dan pengembalian individu dari 21,95%. Hasil siklus II pada keberhasilan kelompok mencapai 94,44%, hasilnya
pengamatan aktivitas guru mencapai 92,41% (kategori baik) dan keberhasilan individu mencapai 90,24%. Kesimpulan bahwa menggunakan bantuan kelompok dapat meningkatkan kemampuan guru untuk mengembangkan bahan ajar berbantuan TIK tentang KKG di Dindikbud I dibantu UPT daerah Doro