SIKAP DAN PRESEPSI MAHASISWA DI KABUPATEN PEKALONGAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN SUSTAINABILITY
Abstract
Meningkatnya kesadaran lingkungan global telah menjadikan Corporate Social Responsibility & Sustainability sebagai salah satu kriteria utama dalam evaluasi perusahaan. Penelitian ini mengkaji sikap dan persepsi mahasiswa di Kabupaten Pekalongan berdasarkan aspek demografi meliputi gender, fase akademik, jenjang pendidikan. Penelitian ini menganalisis bagaimana perbedaan gender, tingkat studi, jenjang pendidikan, dan program studi mempengaruhi sikap dan persepsi mahasiswa Kabupaten Pekalongan terhadap kasus Corporate Social Responsibility & Sustainability perusahaan yang diberikan. Desain penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner sebagai instrumen utama untuk menguji secara empiris variabel-variabel penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui distribusi kuesioner kepada sampel mahasiswa akuntansi dan akuntansi syariah di Kabupaten Pekalongan dengan tujuan memperoleh data primer mengenai sikap dan persepsi mereka terhadap penerapan Corporate Social Responsibility & Sustainability dalam perusahaan. Sebanyak 131 kuesioner berhasil dikumpulkan dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan model regresi logistik untuk menguji hipotesis penelitian. Analisis data mengungkapkan bahwa mayoritas mahasiswa cenderung lebih sependapat dengan prinsip stakeholder theory. Beberapa demografi terbukti menjadi faktor yang mempengaruhi sikap dan persepsi seseorang. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor-faktor demografi seperti gender, tingkat studi, serta perbedaan antara mahasiswa akuntansi dan akuntansi syariah secara signifikan mempengaruhi persepsi mereka terhadap Corporate Social Responsibility & Sustainability. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi perusahaan untuk mengembangkan program Corporate Social Responsibility & Sustainability yang lebih relevan dengan generasi muda dan bagi perguruan tinggi untuk mengintegrasikan isu Corporate Social Responsibility & Sustainability ke dalam kurikulum.
References
Almutawa, A., & Hewaidy, A. M. (2020). Accounting Students’ Perception of Corporate Social Responsibility: Evidence from Kuwait. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www.Ijicc.Net, 14(9), 2020. www.ijicc.net
Alonso-Almeida, M. D. M., Fernández De Navarrete, F. C., & Rodriguez-Pomeda, J. (2015). Corporate social responsibility perception in business students as future managers: A multifactorial analysis. Business Ethics, 24(1), 1–17. https://doi.org/10.1111/beer.12060
Badan Pusat Statistik. (2024). Proporsi Perempuan yang Berada di Posisi Managerial Menurut Provinsi, 2021-2023. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MjAwMyMy/proporsi-perempuan-yang-berada-di-posisi-managerial-menurut-provinsi.html
Eweje, G., & Brunton, M. (2010). Ethical perceptions of business students in a New Zealand university: Do gender, age and work experience matter? Business Ethics, 19(1), 95–111. https://doi.org/10.1111/j.1467-8608.2009.01581.x
Freeman, R. E., & McVea, J. (2001). A Stakeholder Approach to Strategic Management. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.263511
Green, L. W., & Kreuter, M. W. (1991). Health Promotion Planning: An Educational and Environmental Approach (2nd ed.). Mayfield Publishing. https://deepblue.lib.umich.edu/bitstream/handle/2027.42/30012/0000380.pdf?sequence=1
Gysbers, N. C., Heppner, M. J., & Johnston, J. A. (2014). Career Counseling: Holism, Diversity, and Strengths (4th ed.). American Counseling Association. http://www.counseling.org
Larrán, M., Andrades, J., & Herrera, J. (2018a). An examination of attitudes and perceptions of Spanish business and accounting students toward corporate social responsibility and sustainability themes. Revista de Contabilidad-Spanish Accounting Review, 21(2), 196–205. https://doi.org/10.1016/j.rcsar.2018.02.001
Larrán, M., Andrades, J., & Herrera, J. (2018b). An Examination of Attitudes and Perceptions of Spanish Business and Accounting Students Toward Corporate Social Responsibility and Sustainability Themes. Revista de Contabilidad-Spanish Accounting Review, 21(2), 196–205. https://doi.org/10.1016/j.rcsar.2018.02.001
Latifah, E., Rianto, Kusumadewi, R. N., Fauzi, A., Masyhuri, Hermita, A., Indarto, S. L., Wisandani, I., Fidiana, Mulyani, S., Setiyawan, Y. A., Surepno, Ristiyana, R., Midesia, S., & Ashari, M. (2022). DASAR-DASAR AKUNTANSI SYARIAH PENERBIT CV. EUREKA MEDIA AKSARA (Suwandi, Ed.). CV. EUREKA MEDIA AKSARA. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/557582-dasar-dasar-akuntansi-syariah-5990ee42.pdf
Lv, Y., Chen, Y., Sha, Y., Wang, J., An, L., Chen, T., Huang, X., Huang, Y., & Huang, L. (2021). How Entrepreneurship Education at Universities Influences Entrepreneurial Intention: Mediating Effect Based on Entrepreneurial Competence. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.655868
PWC. (2023). Tren dan Arah Sustainability Report Indonesia di Masa Mendatang. PWC. https://pwc.to/3sMdciV
Rayyani, W. O., Herdiana, & Idrawahyuni. (2022). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Akuntansi Syariah. YUME : Journal of Management, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.353
Rosyati, T., Suripto, H., & Purwasih, D. (2023). Corporate Social Responsibility i (1st ed., Vol. 1). Unpam Press. https://unpampress.unpam.ac.id/index.php/2023/01/24/corporate-social-responsibility-csr/?d=1
Salfa, H. N. (2023). Peran Sosial Perempuan dalam Masyarakat dan Implikasinya terhadap Penempatan Perempuan Anggota Legislatif Pada Komisi-Komisi di DPR RI Periode 2019-2024. Jurnal Politica Dinamika Masalah Politik Dalam Negeri Dan Hubungan Internasional, 13(2), 162–181. https://doi.org/10.22212/jp.v13i2.3163
Siregar, A. (2018). PERBEDAAN GENDER DALAM PERILAKU PENEMUAN INFORMASI AKADEMIS DI KALANGAN MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS AIRLANGGA. Repository FISIP Universitas Airlangga, 1–13. https://repository.unair.ac.id/74815/3/JURNAL_Fis.IIP.58%2018%20Sir%20p.pdf
Sumarni, T., & Setyaningsih, R. D. (2017). PERBEDAAN PERILAKU CARING MAHASISWA KEPERAWATAN S1 DAN D3 SEMESTER 4 STIKES HARAPAN BANGSA PURWOKERTO. Proceeding “Pharmacist’s Role in Drug Abuse,” 99–105. https://lppm.uhb.ac.id/site/assets/files/2219/perbedaan_perilaku_caring_tri_sumarni_reni_dwi_s.pdf
Swim, J. K., Gillis, A. J., & Hamaty, K. J. (2020). Gender Bending and Gender Conformity: The Social Consequences of Engaging in Feminine and Masculine Pro-Environmental Behaviors. Sex Roles, 82(5–6), 363–385. https://doi.org/10.1007/s11199-019-01061-9
Teixeira, A., Ferreira, M. R., Correia, A., & Lima, V. (2018). Students’ perceptions of corporate social responsibility: evidences from a Portuguese higher education institution. International Review on Public and Nonprofit Marketing, 15(2), 235–252. https://doi.org/10.1007/s12208-018-0199-1
Zhao, Z., Gong, Y., Li, Y., Zhang, L., & Sun, Y. (2021). Gender-Related Beliefs, Norms, and the Link With Green Consumption. In Frontiers in Psychology (Vol. 12). Frontiers Media S.A. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.710239
Copyright (c) 2024 Kajen: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembangunan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.