PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS SELF-EFFICACY PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

  • Ahmad Dzulfikar
Keywords: bahan ajar, statistik, self-efficacy, kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran matematika dalam mata pelajaran statistik yang secara efektif memfasilitasi peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah mendefinisikan, merancang, dan mengembangkan dengan analisis deskriptif kuantitatif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas delapan di salah satu SMP di Kabupaten Pekalongan. Studi ini menemukan bahwa materi pembelajaran matematika berdasarkan self-efficacy dinyatakan valid dan praktis oleh para ahli dan praktisi. Bahan pembelajaran diuji pada keterbacaan yang terbatas kepada siswa. Berdasarkan analisis data uji coba lapangan, hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan pembelajaran berdasarkan efikasi diri secara efektif meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Selain itu, siswa juga menunjukkan respons yang baik terhadap materi pembelajaran. Oleh karena itu, materi pembelajaran matematika berdasarkan self-efficacy dapat menjadi model materi pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan keterampilan memecahkan masalah siswa, terutama dalam statistik.

Author Biography

Ahmad Dzulfikar

-

Published
2019-08-13