MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini memiliki fokus diskusi yaitu meningkatkan hasil belajar dan kegiatan belajar siswa sekolah dasar kelas IV Kadipaten pada topik untuk menentukan posisi sistem koordinat kartesius melalui pembelajaran kooperatif Student Achievment Devisions (STAD). Subjek penelitian adalah 28 siswa sekolah dasar Kadipaten. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam evaluasi penelitian yaitu lembar observasi, wawancara, dan daftar nilai. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasilnya menyatakan bahwa siswa mengalami peningkatan pra siklus. Pada pra siklus ada 12 siswa tuntas (43%) dan 16 siswa tidak tuntas (57%) dengan nilai rata-rata 67,32. Dalam siklus saya menyelesaikan 19 siswa (68%) dan tidak menyelesaikan 9 siswa (32%) dengan nilai rata-rata 71,25. Pada siklus II, 25 siswa (89%) selesai dan 3 siswa tidak menyelesaikan (11%). Hasilnya merupakan peningkatan dari siklus I dan siklus II sebesar 46%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 54% termasuk dalam kategori sedang dan siklus II 32%. Hasil wawancara siswa membuktikan bahwa siswa menjawab ya mendapat skor 120 (86%) dan jawaban dalam kategori tidak mendapat skor 11 (86%). Siswa yang menjawab biasanya mendapat skor 9 (6%). Kesimpulan dari hasil penelitian menggunakan metode STAD dalam pembelajaran matematika dengan pemosisian topik pada sistem koorcinat kartesius dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa.