OPTIMASI VOLTASE DAN WAKTU PADA ELEKTRODEKOLORISASI ZAT WARNA INDIGOSOL GOLDEN YELLOW IRK DENGAN ELEKTRODA PbO2 DAN GRAFIT (C)

  • Jamal Adi Prasetiyo
  • Futya Milatina
  • Ika Yuliawati
Keywords: Electrodecolorization, Indigosol Golden Yellow IRK, elektrolisa

Abstract

Penggunaan pewarna sintetis pada industri tekstil telah meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu pewarna sintetis yang sering digunakan dalam industri tekstil adalah pewarna Indigosol Golden Yellow IRK. Pewarna tersebut termasuk pewarna yang larut dalam pembuluh. Penggunaan bahan pewarna sintetis memiliki dampak negatif karena pewarna sintetis mengandung zat berbahaya seperti kelompok azo yang dapat menjalani sirkulasi enterohepatik dalam tubuh. Untuk mengatasi polusi atau dampak negatif dari penggunaan metode elektrodekolorisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kondisi optimal yang meliputi tegangan dan waktu yang dibutuhkan untuk menggradasi atau merusak metode elektrolisis zat warna. Studi optimasi dilakukan dengan mengelektrolisis Indigosol Golden Yellow IRK sebanyak 40 ml H2O2 konsentrasi 20 ppm hingga 10.000 mg / L, sekitar 4 ml 0,71 gram Na2SO4 sebagai elektrolit dan H2SO4 ditambahkan hingga pH 4. Analisis hasil diukur menggunakan spektrofotometri UV long-Vis.yang gelombangny didapat dari riset nugroho. Data penelitian menunjukkan bahwa elektrolisis menggunakan elektroda grafit dengan PbO2 pada pewarna elektrodekolorisasi Golden Yellow IRK Indigosol mampu menggradasi warna hingga 95,63% dalam 6 volt selama 5 menit. Hasilnya lebih baik daripada penelitian Sigit Nugroho sebesar 90% yang menggunakan elektroda grafit.
Published
2019-07-01
How to Cite
Prasetiyo, J., Milatina, F., & Yuliawati, I. (2019). OPTIMASI VOLTASE DAN WAKTU PADA ELEKTRODEKOLORISASI ZAT WARNA INDIGOSOL GOLDEN YELLOW IRK DENGAN ELEKTRODA PbO2 DAN GRAFIT (C). Kajen: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembangunan, 1(01), 25-33. Retrieved from //jurnal.pekalongankab.go.id/index.php/jurnalkabpekalongan/article/view/4