PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KOMPETENSI MATERI FLUIDA STATIS

  • Nur Fatwa
Keywords: keaktifan, meser, kompentensi bahan, fluida statis

Abstract

Pembelajaran fluida statis dirasakan kurang menarik bagi siswa, hal ini dapat dilihat dari kurangnya aktivitas siswa, terbukti dari hasil analisis nilai ujian harian, yaitu banyak siswa yang belum menyelesaikan studi, hanya 13 siswa yang telah menyelesaikan studi (KKM = 75). Penggunaan ekstrak yang dibantu mesin sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar dan dapat meningkatkan kompetensi belajar. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan kompetensi materi fluida statis pada siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, pada semester tahun akademik 2016/2017 melalui model pembelajaran yang dibantu dengan kesengsaraan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, pengujian, dan observasi. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Kedungwuni pada tahun akademik 2016/2017 dengan total 32 siswa, 9 siswa laki-laki, dan 23 siswa perempuan. Prosedur penelitian terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data, hasil tes siklus pertama dan kedua meningkat 73,44 di siklus kedua menjadi 82,31. Keaktifan belajar siswa dari siklus I dan siklus II juga meningkat dari 59,38% menjadi 85,26%. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran bahan fluida statis menggunakan model excite berbantuan mesin diperoleh dengan meningkatkan keaktifan dan kompetensi siswa.

Author Biography

Nur Fatwa

-

Published
2019-07-26